Uncategorized

Desa Ponggok Mendapatkan Award Sebagai Desa Wisata Kategori Pemberdayaan Masyarakat Dari Kementerian Desa PDTT

BUKITTINGGI. Desa Ponggok mendapatkan Award sebagai Desa Wisata kategori Pemberdayaan Masyarakat dari Kementerian Desa PDTT. Hal ini disampaikan dalam acara Malam Penganugerahan Desa Wisata Award 2017 yang berlangsung di Expo BUMDes Nusantara 2017, Bukittinggi hari Sabtu malam (13/5). Dan sekaligus BUMDesa Tirta Mandiri Ponggok mendapatkan Award sebagai BUMDesa pemenang kategori Desa Wisata Pemberdayaan Masyarakat. Penghargaan ini diterima langsung oleh Bp Joko Purwanto, Kepala Dispermasdes Kab Klaten sebagai wakil dari Pemda Kab Klaten, dan Bp Joko Winarno, Direktur Utama BUMDesa Tirta Mandiri Ponggok mewakili Pemdes Ponggok dan BUMDesa. Expo BUMDes Nusantara 2017 kali ini mengambil tema “BUMDESA MEMBANGUN INDONESIA”.

Selain Desa Ponggok masih ada 9 Desa Wisata terpilih lainnya dengan berbagai kategori. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Bp Eko Putro Sandjojo memberikan penghargaan kepada sepuluh desa itu yang dinilaiberhasil mengelola potensi pariwisata untuk memajukan ekonomi. “Penghargaan ini menunjukkan bahwa desa mampu berkembang dan berprestasi. Melalui penghargaan Desa Wisata terbaik, diharapkan akan menjadi motivasi bagi desa lainnya bahwa desa mampu berprestasi sehingga pemerataan pembangunan di Indonesia dapat terwujud.” ujar beliau.

Sepuluh desa penerima penghargaan terdiri dari sepuluh kategori yaitu:

  • Nagari (desa adat) Sungai Nyali di Kabupaten Pesisir Selatan untuk kategori Perkembangan Tercepat
  • Desa Madobak di Kepulauan Mentawai sebagai Desa Adat
  • Desa Tamansari di Banyuwangi sebagai Desa Wisata Jejaring Bisnis
  • Desa Pujon Kidul di Malang sebagai Desa Wisata Agro
  • Desa Seigentung di Gunung Kidul sebagai Desa Wisata Iptek
  • Desa Ubud di Gianyar sebagai Desa Wisata Budaya
  • Desa Waturaka di Ende sebagai Desa Wisata Alam
  • Desa Ponggok di Klaten sebagai Desa Wisata Pemberdayaan Masyarakat
  • Desa Teluk Meranti di Pelalawan sebagai Desa Wisata Kreatif
  • Desa Bontagula di Bontang sebagai Desa Wisata Maritim

“Dengan mendapatkan Award ini akan menambah semangat kembali terkhusus BUMDesa Tirta Mandiri Ponggok untuk lebih maju dan profesional dalam mengembangkan unit-unit usaha yang semuanya untuk mendukung Desa Wisata Ponggok menuju desa wisata yang mandiri. Unit-unit usaha di BUMDesa sudah dirintis untuk diholding dan menjadi unit usaha berbadan hukum sehingga nantinya dapat mempercepat proses pengembangan dan dapat bekerjasama dengan mitra-mitra bisnis strategis lainnya.” ujar Bp Joko Winarno, Dirut BUMDesa Tirta Mandiri.

Kontributor: Joko Winarno, Dirut BUMDesa Tirta Mandiri

Sumber: http://klatenponggok.desa.kemendesa.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *